Obat Ampuh Mengobati Sakit Hati

8 Aug 2010

sakit-hati

Sakithati terkadang datang menghampirihatikita, begitu sulit untuk mencari obat rahasia untuk penyembuhan apabila sakithatiini melanda, sangat menyayat dan tidak mengenakan, rasanya dunia ini memang telah benar-benar sakit.

Sakithatiadalah sakit dari segala sakit. Mungkinandapernah mengalaminya. Sakithatitidak selalu disebabkan oleh putus cinta, tetapibisa juga disebabkan oleh perbedaan pendapat atau pertentangan dengan teman atau anggota keluarga. Namun, sakithatihampir sama rasanya dengan putus cinta, demikian juga dampaknya.

Siapa punanda, pasti ingin dicintai, mencintai, dipercayai dan mempercayaioranglain. Tetapi, ketika sakithatitiba, sulit bagiandauntuk kembali memaafkan dan mempercayaiorangyang melakukannya. Bahkanandamungkin merasa sulit untuk membukahatidan perasaan kepadaoranglainyang tidak tahu apa-apa.

Ini adalah dilema yang harus dihadapi. Terserahanda, memilih untuk berjalan sendiri atau melanjutkan hubungan setelah apa yang terjadi. Satu hal yang pasti, hidup akan terus berjalan dengan atau tanpa sakithati.

Berdasarkan pengalaman beberapa sumber dapat disimpulkan bahwa belajar untuk membuka kembalihati, perasaan cinta dan rasa percaya kepadaorang-orangyang pernah menyakitianda, merupakan hal yang penting. Kenapa? Karena cepat atau lambat, setiaporangakan menyakiti dan disakiti hatinya.

Oleh sebab itu, akan lebih baik apabilaandamenyadari bahwa tidak ada satuorangpun di dunia ini yang luput dari sakithati, termasukanda. Tanpa bermaksud mengurangi rasa percaya kepadaorang-orangyangandacintai, ada baiknyaandamenyadari bahwa siapa pun dia, teman biasa, sahabat, pacar atau keluarga dan sebaik apa pun dia, suatu saat nanti akan menjadiorangyang menyakitianda- walaupun mungkin tidak disengaja.

Oleh sebab itu, ada baiknya apabilaandamenganggap bahwa mereka tidak serius dengan ucapannya.Andabisamenganggapnya angin lalu ataubisamengatakan kepadadiribahwa perbuatan mereka sebenarnya tidak ditujukan kepadaanda. Cuek saja, jangan dimasukkan kehati.

Belajar untuk bertanggung jawab dan menghargaioranglainjuga sangat penting. Coba bertanya padadiri, apa yang tidak diinginkan dalam hubungananda, apa yangbisamembuatandasakithati, dan apa yangandainginoranglainlakukan. Buatlah daftarnya dan coba utarakan hal itu kepadaorang-orangdi sekitaranda. Apabilaandasakithatilagi, tidak hanya mengingat cara mengatasi sakithatiterdahulu, tetapi mencoba keluar dari masalah dan melupakannya dengan cepat. Hal ini akan sangat membantu. Apabila perlu, hang-out bersama teman-teman dan alihkan perhatian kepada pekerjaan atau olah raga.

Andajuga perlu mengetahui bahwa kata kunci untuk menyelamatkandiridari sakithatiadalah bukan percaya kepadaoranglaintetapi percaya kepadadirisendiri dan perasaananda. Ingatlah bahwa tidak ada jaminanoranglaintidak akan menyakiti perasaananda. Berusahalah menjadiorangbaik, sopan, bijak, peduli kepadaoranglaindan dapat dipercaya.

Untuk menjadi itu semua, tentu sajaandaharus dapat mempercayaidirisendiri agarandamerasa bebas berbuat dan menentukan hubungan. Berkomunikasi secara efektif dan lugas sangat penting. Ungkapkan perasaananda, apa yang disukai dan apa yang dibenci. Hal itu sangat membantuoranglainmengertiandadan berusaha untuk tidak melakukan tindakan yang mungkinbisamenyakitihatianda.

Belajar mempercayai opini sendiri mengenaidiri, tindakan dan perbuatanandaadalah lebih penting dari mempercayai opinioranglain.Bisajadiandajustru bertambah sakithatidengan opini mereka. Belajarlah untuk percaya dan hargaidiriandasendiri.

Halpalingutama yang harusandalakukan adalah belajar memaafkan kesalahanoranglainkarena memaafkan adalah halpalingbaik dalam sebuah hubungan. Dan teruslah selalu berpikir positif terhadap suatu kritik/tindakanoranglainyang mungkinbisamenyebabkanandasakithati, karena pikiran positif akan membuat sakithatimenjadi normal kembali.


TAGS obat sakit hati obatnya sakit hati penyembuh sakit hati


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post